Tampilan YouTube Shorts Dihitung Menuju 4.000 Jam Waktu Tonton?

Penayangan YouTube Shorts ditambahkan ke total waktu tonton saluran, tetapi tidak diperhitungkan untuk memenuhi persyaratan monetisasi platform.

Penayangan YouTube Shorts diperhitungkan dalam total waktu tonton suatu saluran, tetapi tidak diperhitungkan dalam kelayakan dalam Program Mitra YouTube (YPP).

Channel di YPP dapat memonetisasi dan memperoleh pendapatan dari video, meskipun tidak semua orang memenuhi syarat untuk bergabung.

Di antara kriteria lainnya, penerimaan ke dalam YPP membutuhkan 4.000 jam tontonan publik yang valid dalam 12 bulan terakhir.

Tidak selalu jelas apakah penayangan Shorts berkontribusi pada ambang 4.000.

Sekarang kita tahu pasti 4.000 jam waktu menonton harus berasal dari video biasa — atau yang disebut YouTube sebagai video on demand (VOD).

Hal ini dinyatakan dalam video Tanya Jawab di saluran Creator Insider YouTube, yang berisi sejumlah pertanyaan terkait tentang Shorts.

Pertama, mari kita lihat jawaban YouTube untuk pertanyaan waktu tonton.


Apakah Tampilan Shorts Dihitung Menuju 4.000 Jam Waktu Tonton?

Saat ditanya apakah penayangan YouTube Shorts diperhitungkan dalam 4.000 jam total waktu tonton, dipastikan tidak.

Namun, YouTube memang memiliki "Dana Shorts" yang memungkinkan pembuat konten menghasilkan uang dari video Shorts saja.

“Penayangan singkat diperhitungkan dalam keseluruhan penayangan sepanjang waktu saluran Anda. Namun, saat ini, iklan tersebut tidak diperhitungkan dalam waktu tonton YPP Anda. Sebagai pengingat, dana Shorts tersedia sebagai langkah pertama menuju monetisasi. Dan kami akan terus mengabari Anda tentang pembaruan di masa mendatang.”

Tidak ada ruang untuk interpretasi dengan respons itu. Penayangan singkat tidak diperhitungkan untuk memenuhi persyaratan YPP.

Berikut beberapa pertanyaan lain tentang Shorts yang dijawab dalam video terbaru tim YouTube Creator Insider.


Bisakah Video Bentuk Panjang Diubah Menjadi Video Pendek?

Khawatir tentang menerbitkan konten berulang, seorang pembuat bertanya apakah boleh mengubah VOD yang diterbitkan sebelumnya menjadi Shorts.

Tidak ada yang salah dengan menggunakan kembali VOD, tetapi Shorts harus dapat berdiri sendiri tanpa memerlukan VOD untuk konteks.

“Membuat Shorts dari konten yang sudah dipublikasikan adalah cara yang bagus untuk menggunakan kembali video dan bereksperimen dengan Shorts. Namun, penting untuk diingat bahwa banyak orang yang menonton dalam umpan Shorts mungkin tidak mengenal saluran Anda.

Jadi, konten apa pun yang Anda buat, pastikan itu mandiri dan dapat dinikmati oleh siapa saja yang mungkin tidak mengenal saluran atau merek Anda. Dan juga pastikan untuk membuat video vertikal.”


Akankah Ada Analisis Terpisah Untuk Shorts And VOD?

YouTube mengonfirmasi bahwa pihaknya sedang memperbaiki bagian analitik di YouTube Studio.

Saat ini, penayangan semua jenis video dihitung sebagai satu metrik

“Ya, tim analitik kami sedang berupaya memecahkannya untuk Shorts, untuk VOD (Video on Demand), dan untuk live di studio.”


Haruskah Saya Membuat Saluran Terpisah Channel Untuk Shorts?

Meskipun beberapa pembuat konten memilih untuk memulai saluran terpisah untuk konten Shorts, ini hanya disarankan jika video akan berbeda dari yang sudah Anda buat.

“Ini sepenuhnya terserah Anda. Kami telah melihat pembuat konten berhasil dengan kedua pendekatan tersebut. Dengan mengingat hal itu, memilih antara saluran yang sama versus saluran kedua lebih tentang visi kreatif Anda. Jadi kami sarankan Anda memikirkan jenis konten yang ingin Anda buat dalam Shorts.

Jika itu terkait dengan video berdurasi panjang Anda, dan ini merupakan perpanjangan dari itu, maka mungkin masuk akal untuk terus memposting ke saluran Anda yang sudah ada. Tetapi jika Anda mencoba melakukan perubahan besar, maka membuat saluran Shorts terpisah mungkin merupakan cara terbaik untuk Anda. Anda selalu dapat bereksperimen dan melihat bagaimana reaksi audiens Anda dan kemudian membuat perubahan yang sesuai.”


Akankah YouTube Menambahkan Thumbnail Khusus Untuk Shorts?

Tanpa membahas secara spesifik, terungkap bahwa YouTube sedang bekerja untuk "menangani" umpan balik terkait gambar mini khusus untuk Shorts.

Namun, sepertinya sebagian besar pemirsa tidak akan melihat gambar mini tersebut, karena sebagian besar penayangan Film Pendek berasal dari orang-orang yang menggesek umpan.

““Ini adalah pertanyaan yang sering kami dapatkan dari pembuat konten dan saya ingin mengakui bahwa kami telah mendengar tanggapan Anda dengan jelas. Berita baiknya adalah saat ini kami sedang berupaya menangani umpan balik ini dan kami akan terus mengabari kalian tentang pembaruan di masa mendatang.

Namun sebagai pengingat, gambar mini di Celana Pendek hanya ditampilkan di permukaan yang memiliki rak Celana Pendek. Jadi itu akan seperti di halaman saluran, di beranda, dan di dalam hasil pencarian. Dan juga sebagian besar penayangan benar-benar terjadi dalam umpan, dan gambar mini tidak ditampilkan dalam lingkungan itu.”“

إرسال تعليق

© Ruang Idea. All rights reserved. Developed by Jago Desain