Cara Mempromosikan Diri Sebagai Seorang Freelancer

Self-marketing mungkin tidak mudah, tetapi penting untuk sukses. Dan itu bukan sesuatu yang Anda lakukan ketika Anda memiliki sedikit atau tidak ada pekerjaan, itu harus menjadi bagian dari rutinitas harian Anda. Ini semua tentang menunjukkan kepada orang-orang apa yang dapat Anda lakukan, apa keahlian Anda dan apa yang Anda bawa ke meja.

  1. Kiat Self-marketing untuk freelancers
    • Lakukan pekerjaan dengan baik
    • Terlibat dalam komunitas
    • Jaringan sosial
    • Bangun kehadiran online Anda
    • Menghadiri acara
  2. Bagaimana memasarkan sendiri merek freelance Anda ketika Anda benci berbicara tentang diri Anda sendiri
    • Pergi untuk sebuah konsep bukan nama
    • Dikenal sebagai ahli bukan pemain
    • Tunjukkan, jangan beri tahu
    • Biarkan orang lain yang berbicara
    • Kiat pemasaran mandiri untuk pekerja lepas

Berikut adalah lima tip untuk membantu Anda meyakinkan klien masa depan bahwa Anda adalah pria/wanita untuk pekerjaan itu:


  1. Lakukan pekerjaan dengan baik
  2. Ini mungkin cukup jelas, tetapi ini adalah langkah pertama dan terpenting untuk pemasaran mandiri. Menjadi baik dalam apa yang Anda lakukan dan menyelesaikan pekerjaan Anda dengan cara terbaik benar-benar berjalan jauh.

    Di satu sisi, ini akan membantu membangun nama dan keterampilan Anda di antara klien Anda saat ini, dan dapat menjamin bahwa mereka akan mempertimbangkan Anda untuk proyek masa depan. Di sisi lain, dari mulut ke mulut bisa menyebar cukup cepat. Jadi pastikan klien Anda senang dengan pekerjaan lepas Anda dengan melakukan yang terbaik dan menjadi pekerja lepas yang akan diingat orang.

    • Pemasaran Mandiri Untuk Freelancer
    • Pemasaran Mandiri Untuk Freelancer


  3. Terlibat dalam komunitas
  4. Ini sangat penting jika Anda baru memulai. Menjadi bagian dari komunitas dan jaringan lepas yang berbeda akan membantu Anda tetap up to date tentang apa yang terjadi di dunia lepas dan, idealnya, di bidang bisnis Anda.

    Selanjutnya, Anda akan dapat langsung menghubungi freelancer lain dan dapat berbicara tentang pengalaman Anda dan juga bertukar tips. Melihat bagaimana orang lain memasarkan diri mereka sendiri dan mendekati pekerjaan mereka dapat membantu Anda mengetahui strategi pemasaran apa yang paling cocok untuk Anda.


  5. Jejaring Sosial

    Situs seperti LinkedIn, Facebook, dan Twitter adalah alat pemasaran yang hebat dan dapat membantu Anda berhubungan dengan banyak orang. Gunakan dengan bijak – tunjukkan kepada klien Anda terbuat dari apa, tetapi tetaplah hormat dan profesional.

    Buat pembaruan tentang proyek yang sedang Anda kerjakan atau klien yang pernah bekerja dengan Anda – melihat bahwa Anda aktif di profil Anda akan membuat Anda terlihat dapat dipercaya di mata calon klien.


  6. Bangun kehadiran online Anda

    Jika Anda ingin berhasil memasarkan diri Anda secara online, situs-situs yang disebutkan di atas mungkin belum tentu cukup. Anda bisa meningkatkannya. Pertimbangkan untuk membuat situs web pribadi Anda sendiri – terutama jika Anda adalah seorang desainer web. Bahkan jika tidak, ada cara mudah untuk membuat situs pribadi, memberi tahu orang-orang tentang diri Anda, dan memasang portofolio.

    Atau, membuat blog atau menerbitkan entri tamu di situs populer juga dapat membantu Anda mencantumkan nama Anda di luar sana. Sekali lagi, pembaruan yang sering adalah suatu keharusan!


  7. Menghadiri acara

    Memiliki kehadiran online yang kuat itu bagus, tetapi bahkan hari ini, kontak pribadi adalah suatu keharusan. Mendapatkan kartu nama dan berpartisipasi dalam berbagai acara atau melakukan pekerjaan amal di wilayah Anda bisa sangat berguna, terutama saat memulai.

    Atau, Anda dapat pergi ke berbagai pertemuan, acara, atau lokakarya freelancer. Kenali orang baru dan bangun jaringan Anda. Pepatah mengatakan "Bukan apa yang Anda tahu, itu siapa Anda tahu" benar - pastikan orang tahu siapa Anda dan apa yang dapat Anda lakukan untuk mereka.

إرسال تعليق

© Ruang Idea. All rights reserved. Developed by Jago Desain